DESA JOMBOR KEC.TUNTANG KAB. SEMARANG

: Jln. Sumbawa No.1, Desa Jombor Kecamatan Tuntang 50773 | : 085740263075 | :
  1. Asal usul / Legenda Desa

Tertulis/terdenganr cerita daerah pedesaan yang subur, tumbuhan yang menghijau, di atas tanah yang datar ditumbuhi pohon dan semak yang masih lebat. Kehidupan sekelompok masyarakat rukun dan damai meskipun penduduk dalam kehidupan masyarakat masih primitif. Kewilayahan Jombor Kulon dan Jombor Wetan terdiri dari Pamong Sentono Satu, Sentono Dua, Sentono Tiga dulu sebagai sesepuh dinamakan kamituwo.

Semakin lama semakin ramai dengan adanya pendatang yang ingin menetap dan tinggal. Di desa selalu ada perubahan beraneka ragam dan bermacam-macam. Kegiatan seni tradisional berupa rodatan, atraksi.akrobat antara lain makan api, menggoreng telur di atas kepala, dan lain-lain sudah terkenal di kalangan penduduk atau desa sekitar, bahkan terdengan sampai keluar kota kabupaten.

Dari hari ke hari, cerita ini tersebat ke seluruh manca desa. Banyak orang penasaran atas cerita ini, sehingga tidak sedikit orang inign membuktikannya karena kegemparan cerita ini sehingga terdengar ke telinga pejabat. Tak hayal lagi para pejabat pada saat itu ingin membuktikan kegiatan tersebut. Waktu menyaksikan sudah tiba, setelah habis maghrib menjelang malam rombongan sudah tak sabar lagi atas apa yang ingin mereka lihat. Mereka akhirnya melihat sendiri, beberapa santri dan para kyai setiap minggu sekali melaksanakaannya untuk menghibur masyarakat dan sekaligus menarik para santri.

Kegiatan tersebut akhirnya macet, tidak berjalan karena tidak adanya generasi penerus kegiatan tersebut. Dari tahun ke tahun selalu ada perubahan 5 kali berganti-ganti pemimpin. Pemimpin selalu dimusyawarahkan dengan tokoh agama yang ada di desa. Untuk mempermudah dan menganisipasi warga masyarakat dibuat kewilayahan atau peta desa dengan dibagi menjadi 5 wilayah dengan berbagai sebutan. Dusun Ngelosari adalah Ngelu tapi sari, karena watku tiu setiap ada gara-gara atau kejadian yang merugikan masyarakat tentang copet, maling, klotuk selalu di wilayah tersebut. Dusun Kerep, setiap hari warga selalu ada acara/kegiatan yang tak henti-hentinya. Dusun Krajan adalah kera raja, kami tuwo, sesepuh. Sebagai pamong atau pemimpin sejak dulu kala secara turun temurun sampai sekarang. Dusun Kalisari I, aliran air mengalir di seluruh penjuru. Agar air terarah, warga beramai-ramai membuat kedung. Dusun Kalisari II merupakan pecahan dari wilayah karena terlalu banyak warga. Jaman kehidupan semakin berkembang secara modern, akhirnya Desa Jombor dibangun sebuah perumahan yang dinamakan Dusun Candirejo Permai. Penghuninya sebagian merupakan pendatang.

 

Table 2.1

Nama-Nama Demang/Lurah/kepala Desa Jombor

No

Periode

Nama Kepala Desa

Keterangan

  1.  

Tidak Diketahui

MBAH KERENG

Sebelum Tahun 1927

  1.  

 

H. ABDUL MUKTI

 

  1.  

 

KUSEN

 

  1.  

 

H. SYAFI’I

 

  1.  

 

MUH MASTURI

Tahun 1974

  1.  

1999-2003

ASHARI

 

  1.  

2003-2005

MATHOLIUL HUDA

Pj. Kepala Desa

  1.  

2005-2007

DARSO

 

  1.  

2007-2012

AZIS ROSEHAN

 

  1.  

2012- sekarang

YUSUF

 

 

Sumber data : Sekretariat Desa Jombor Tahun 2014

ALBUM